29 Jul

Lakukan Cara Mengatasi Kepala Sering Pusing Berikut Ini

Cara mengatasi kepala sering pusing berikut dapat dilakukan bagi Anda yang sering mengeluh sakit kepala tiba-tiba. Apalagi jika intensitasnya terlalu sering. Jangan abaikan kalau Anda sering mengeluh sakit kepala meski hal tersebut bukan karena kondisi atau gejala sakit serius. Anda dapat lakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi sakit kepala agar lebih ringan.

Inilah 10 cara mengatasi kepala sering pusing terus menerus

  1. Berbaring atau duduk
    Untuk mengatasi sakit kepala pusing secara tiba-tiba, maka dianjurkan agar Anda duduk atau berbaring selama beberapa saat misalnya 1-2 menit saja. Kalau sakit kepala Anda seperti vertigo maka sebaiknya berbaring atau duduk sambil memejamkan mata.
  2. Hindari konsumsi garam, kafein, merokok dan alkohol
    Ketika pusing melanda, sebaiknya Anda jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung garam serta kafein. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga akan lebih baik dihindari karena terkadang hal tersebut dapat jadi alasan kenapa kepala sering pusing.
  3. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
    Kepala sering merasa pusing juga dapat disebabkan karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan cairan di dalam tubuh dengan banyak meminum air putih minimal 8 gelas per harinya.
  4. Istirahat yang cukup
    Kalau Anda sedang pusing, maka akan baik kalau luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Cobalah istirahatkan tubuh Anda selama paling tidak 6 hingga 8 jam dengan tidur setiap harinya. Setelah istirahat maka tubuh akan kembali segar dan Anda dapat beraktivitas lagi.
  5. Pegangan untuk menjaga keseimbangan
    Ketika pusing mendadak, biasanya sang penderita akan kehilangan keseimbangan. Jangan bergerak tiba-tiba karena Anda bisa jatuh, jika Anda sedang berdiri maka lebih baik coba cari pegangan terdekat untuk menghindari jatuh.
  6. Mandi air hangat
    Kalau kepala Anda sering pusing, coba rilekskan tubuh dengan cara mandi air hangat. Mandi dengan air hangat bisa meredakan otot-otot yang menegang dan rasa sakit di kepala pun lebih ringan. Ketika mandi, Anda juga bisa coba teteskan minyak lavender yang sifatnya menenangkan.
  7. Memijat
    Obat pusing kepala paling simpel adalah dengan melakukan gerakan memijat pada bagian pelipis, leher, kepala, punggung atau bahu. Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan pijatan di bagian-bagian tersebut selama kurang lebih setengah jam dapat membantu meredakan sakit kepala. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak ketika akan memijat.
  8. Peregangan
    Kalau Anda merasa sering pusing ketika beraktivitas atau saat bekerja, ada baiknya memberikan waktu sejenak untuk melakukan peregangan pada tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit di kepala akibat otot yang menegang. Caranya sederhana, cukup gerakkan kepala Anda ke samping kanan dan kiri serta atas maupun bawah. Ulangi gerakan tersebut 3-5 kali selama 5 detik saja kemudian relaksasi, setelah itu jika masih tegang maka dapat diulangi lagi.
  9. Cuka sari apel
    Memanfaatkan bahan-bahan alami seperti cuka sari apel bisa jadi cara mengatasi kepala sering pusing yang ampuh. Menurut sebuah penelitian, cuka sari apel mempunyai kandungan berupa kalium tinggi dan kandungan ini ampuh untuk meringankan sakit kepala seperti migrain. Ramuannya yaitu dengan mencampurkan 1 sdm cuka sari apel/ apple cider vinegar dengan 1 sdt madu ke dalam 250 ml air. Solusi lainnya yaitu dengan menggunakan cuka tersebut untuk kompres di bagian dahi Anda.
  10. Jahe
    Jahe merupakan obat sakit pusing alami yang ampuh. Sifat jahe juga menghangatkan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Lalu sebuah studi juga memberitahu bahwa jahe memiliki manfaat yang sebanding dengan sumatriptan yang merupakan salah satu jenis obat untuk sakit kepala sebelah alias migrain.

Itulah beberapa cara mengatasi kepala sering pusing yang dapat dicoba. Anda juga dapat melakukan pencegahan sakit kepala, contohnya seperti menjaga pola makan yang teratur, menghindari stress, rutin berolahraga, mengurangi konsumsi obat-obatan, istirahat yang cukup serta mengurangi konsumsi kafein. Dengan melakukan pencegahan tersebut, semoga tubuh Anda dapat terhindar dari rasa pusing terus-menerus. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *